17 Manfaat Salak Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat salak merupakan buah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Salak memiliki rasa manis asam yang khas sehingga sangat banyak digemari banyak orang. Salak sering dikonsumsi hanya sebagai salah satu buah yang ditawarkan di meja. Terlepas dari rasa yang sangat baik dan juga segar jika dikonsumsi, buah salak juga termasuk nutrisi yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Salak bisa dikonsumsi langsung. Selain itu, manfaat buah salak ini memang baik untuk tubuh seperti berikut ini :

1. Pengobatan mata

Menurut penyelidikan oleh ahli kesehatan, buah salak terdiri dari beta-karoten yang sangat bagus untuk mata. Bagi siapa saja yang ingin menjaga mata yang sehat, dan munhkin sudah muak dengan harus terus mengkonsumsi jus wortel, sekarang ada pilihan lain yang menukar manfaat wortel dengan salak.

2. Obat Diare

Setiap kali mengalami diare, tidak harus terburu-buru untuk mengambil obat. Tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alami. Dengan mengkonsumsi secara signifikan kurang dua puluh gram daging buah-buahan segar yang masih muda dapat membantu untuk menghilangkan penyakit diare. Selain alami, buah juga bisa sering dialami.

Bagus untuk diare :

    Manfaat Rebusan Kayu Manis
    Manfaat Gambir
    Manfaat Timun Rebus
    Manfaat Pisang Ambon
    Manfaat Biji Jambu Air

3. Program Diet

Buah salak  sangat baik untuk membantu program diet, itu karena buah salak terdiri dari nutrisi dan juga fitonutrien yang mungkin dapat membantu rutinitas diet. Selain itu, dalam salak buah terdiri dari vitamin C, tanin dan juga serat. Dan ingat bahwa serat dapat dengan mudah memberikan rasa kenyang karena butuh waktu untuk diserap oleh usus.

Bagus untuk diet :

    Manfaat Talas untuk Diet
    Manfaat Yakult Untuk Diet
    Manfaat Markisa untuk Diet
    Manfaat Telur Asin Untuk Diet
    Manfaat Jambu Biji Untuk Diet

4. Baik untuk Otak

Salak diakui sebagai salah satu dari beberapa buah yang sangat kaya akan Kalium dan juga Pektin, yang bermanfaat bagi otak. Ini adalah alasan orang menyebut salak sebagai buah yang bagus untuk otak.(Baca : Manfaat Olahraga Untuk Otak, Manfaat Bermain Catur Bagi Fungsi Otak)

5. Baik untuk Perut
Salak terdiri dari saponin, beta karoten, tanin, flavonoid dan kalsium itulah alasan salak memiliki manfaat kesehatan untuk sistem tubuh. Tannin sebenarnya anti diare, oleh karena salak dapat membuat perut longgar, sehingga cukup baik juga untuk pencernaan perut. Tips terbaik adalah mengkonsumsi salak menggunakan kulit tipisnya, yang bisa menghindari sembelit.

6. Menjaga Stamina

Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata dan biasanya disarankan untuk banyak mengkonsumsi manfaat wortel untuk memenuhi vitamin A. Meskipun dr. Pericone menyarankan tinggal jauh dari wortel dalam diet untuk bebas kerut hanya karena sesuai dengan dia makanan banyak yang sarat dengan vitamin A (karotenoid) dapat menyebabkan reaksi peradangan yang terkait karena kandungan gula tinggi. Nach untuk gelas setiap kali ia mencoba untuk mengurangi garis-garis wajah alias upaya muda harus mengubahnya menggunakan menggonggong jus wortel.

7. Menyembuhkan Rabun jauh

Ketajaman mata saja tidak dapat diperbaiki hanya dengan menggunakan vitamin A. Manfaat vitamin A hanya meningkatkan ketajaman melihat cahaya dan juga gelap (malam kebutaan). Gangguan rabun jauh bukan masalah dalam retina namun sumbu mata yang dipersingkat, sehingga obat-obatan juga digunakan. Seperti penggunaan kacamata dapat karena yang banyak dilakukan, sehingga kacamata dianggap obat pastinya.

Herbal untuk mata :

    Manfaat Daun Sirih Untuk Mata Minus
    Manfaat Daun Kelor Untuk Mata
    Manfaat Daun Sirih Merah untuk Mata

8. Baik Bagi Ibu Hamil

Wanita hamil harus sangat memilih jenis makanan yang baik kesehatan dirinya dan calon bayinya, sehingga memilih makanan yang sehat harus menjadi prioritas. Salak baik bagi ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Rasa mual yang sering kali dapat diatasi dangan mengkonsumsi salak. Namun jangan pula berlebihan memakannya, harus pula diseimbangi dengan makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan.

Selain manfaat salak di atas, ada beberapa manfaat salak lainnya, yaitu :

    Meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit
    Sebagai obat anemia
    Sangat bagus untuk wanita hamil guna meningkatkan sistem memori pada janin yang di kandung
    Anti aging (anti penuaan dini)
    Menyehatkan jantung

Bagus untuk ibu hamil :

    Manfaat Alinamin F Tablet
    Manfaat Vitamin Calcimega
    Manfaat Folavit
    Manfaat Telur Bagi Ibu Hamil

Di Indonesia banyak wilayah yang menghasilkan salak yang sangat terkenal, seperti salak pondoh dari daerah Sleman Yogyakarta. Salat memiliki kulit buah yang unik, seperti sisik ular hingga sering disebut snake fruit. Karena buahnya dihasilkan musiman, saat waktu produksinya menghasilkan buah yang melimpah. Maka dari itu banyak yang membuatnya dengan berbagai olahan makanan seperti asinan salak, salak yang dikalengkan bahkan dijadikan keripik. Selain itu, manfaat salak sangat melimpah bagi kesehatan tubuh.

Komentar